Selasa, 08 Februari 2011

Gorut, Potret Pemerintahan Daerah Dengan Paradigma Baru




Oleh ALi Mobiliu

Masyarakat Gorontalo Utara selain bersyukur karena memiliki pemerintahan yang menganut paradigma baru juga diharapkan tetap membuka diri, meningkatkan wawasan, senantiasa menggali ide dan gagasan untuk kemudian diaspirasikan secara elegan dan terhormat. Hal itu sangat memungkinkan karena Pemerintahan Rusli Habibie selama ini sangat terbuka dengan gaya pemerintahan yang egaliter dan elegan



Performance pemerintahan Rusli Habibie dan Indra Yasin dalam dua tahun lebih kepemimpinan di Kab. Gorontalo Utara dan menganut prinsip Karya Nyata telah membangunkan kesadaran bahwa saat ini pemerintahan yang sarat dengan kegiatan seremonial tidak lagi relevan menjadi rujukan bagi setiap pemerintahan di daerah untuk membentuk opini dan meraih predikat kredibel.


Kemajuan suatu daerah sangat ditentukan oleh sejauhmana pemerintah daerah mampu melakukan terobosan-terobosan guna mengembangkan dan memberdayakan potensi lokal agar memiliki nilai tambah (value added) bagi masyarakat. Untuk memberdayakan potensi lokal tersebut, Pemerintah daerah selain ditunut mampu mendorong kinerja aparatur guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat juga harus mampu merespon berbagai ide, konsep dan gagasan dari masyarakat serta gesit dan cekatan dalam meraih, menggali dan mendatangkan sumber-sumber dana bagi kepentingan daerah.

Hal itu penting karena untuk merespon, memberdayakan, menggerakkan dan mengembangkan potensi lokal, suatu pemerintahan daerah membutuhkan Anggaran yang tidak sedikit guna membangun infrastruktur maupun operasional pemerintahan. Sumber anggaran bagi suatu daerah dapat diklasifikasikan bersumber dari pertama, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kedua, alokasi anggaran dari Pemerintah Pusat (APBN) lintas sektoral, Ketiga, dana hibah, Keempat, Deviden atas Investasi daerah di suatu Perusahaan, Kelima, Dana Pinjaman berupa obligasi atau surat berharga lainnya, kelima, investasi baik dari pihak swasta maupun BUMN/BUMD dari luar daerah hasil kerja sama pemerintah pusat dan daerah.

Dalam dua tahun terakhir ini, Pemerintah Kab. Gorontalo Utara telah berada di jalur yang benar yakni selain berkonsentrasi penuh mengembangkan potensi lokal juga berupaya keras mencari dan mendatangkan sumber-sumber anggaran atau pendanaan terutama dari Pemerintah Pusat dan itu jarang dilakukan oleh daerah lain. Jarang dilakukan oleh daerah lain bukan karena tidak tahu dan tidak mau tetapi memang untuk mengakses anggaran dari berbagai Kementerian di tingkat pusat bukanlah pekerjaan gampang. Ia membutuhkan jurus tersendiri, membutuhkan jaringan, membutuhkan kepiawaian, kelincahan, kecekatan, wawasan dan keterampilan untuk mempresentasikan program di daerah. Seorang Pemimpin yang mampu melakoni hal itu akan diapresiasi oleh masyarakat. Di Gorontalo sejauh ini baru terdapat dua nama yang dikenal mampu mendatangkan sumber-sumber pendanaan bagi daerahnya, yakni Fadel Muhammad ketika masih Gubernur Gorontalo dan sekarang Rusli Habibie. Kedua tokoh ini dijuluki pemimpin yang Raja Lobi.

Lobi tingkat tinggi sangat penting dimiliki oleh suatu pemerintahan karena di setiap Kementerian selama ini memang memiliki anggaran khusus untuk program-program pembangunan yang diperuntukkan bagi daerah-daerah yang kreatif dan inovatif. Dana inilah yang harus diperebutkan oleh daerah di seluruh Indonesia. Jika kalah cepat, maka akibatnya sangat fatal bagi suatu daerah. Kasus yang pernah merebak di salah satu Kabupaten di Provinsi Gorontalo belum lama ini yang konon pernah mengajukan pinjaman ke Kementerian Keuangan RI guna menutupi kekosongan kas daerah merupakan imbas dari pemerintahan daerah yang tidak gesit merebut dan menggali sumber-sumber pendanaan untuk kepentingan masyarakat.


Oleh karena itu, Masyarakat Gorontalo Utara selain bersyukur karena memiliki pemerintahan yang menganut paradigma baru pemerintahan juga diharapkan tetap membuka diri, membuka wawasan, senantiasa menggali ide dan gagasan untuk kemudian diaspirasikan secara elegan dan terhormat kepada pemerintahan daerah. Hal itu sangat memungkinkan karena Pemerintahan Rusli Habibie selama ini sangat terbuka dengan gaya pemerintahan yang egaliter, elegan dan hal ini merupakan sisi positif yang patut diapresiasi mengingat gaya pemerintahan seperti ini akan melahirkan pemerintahan yang bottom up yakni pemerintahan yang melaksanakan berbagai keinginan dan kebutuhan rakyat semata.

Atas performancenya itulah, tidak heran pula jika Rusli Habibie oleh Fadel Muhammad dipercaya menjadi Ketua DPD I Golkar Provinsi Gorontalo. Ruh, nuansa, spirit bahkan konsep strategi Fadel Muhammad untuk masa depan Gorontalo harus jujur diakui sangat terpatri dari seorang Rusli Habibie. Dengan demikian sosok ini harus jujur pula diakui merupakan aset Gorontalo yang performancenya telah dibuktikan di Kab. Gorontalo Utara. (AM)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes