Selasa, 27 September 2011

Hi. Gamil Umar, M.Pd : Ikhlas dalam Bertugas




Ketika melintasi jalan raya Limboto, tepatnya di depan SDN 1 Kayu Bulan Kec. Limboto Kab. Gorontalo, kru GEMA PGRI sempat terkesima dengan pemandangan yang jarang ditemui, yakni sang Kepala Sekolah Hi. Gamil Umar, S.Pd, M.Pd di siang bolong yang sangat terik itu tengah menyapu membersihkan sampah yang berserakan di sekitar tempat pembuangan sampah di samping kiri sekolah akibat ulah warga yang membuat sampah sembarangan.

Rupanya Kepala Sekolah yang pernah beberapa kali meraih predikat Guru Berprestasi itu turun langsung untuk membersihkan sampah yang berserakan dimana-mana. Melihat fenomena itu, beberapa siswa yang berkerumun langsung menghampiri sang Kepala Sekolah dan tanpa dikomando para siswa tersebut kemudian beramai-ramai ikut membersihkan sampah sehingga tidak berapa lama kemudian, pemandangan yang tadinya kumuh dan kotor menjadi bersih enak dipandang mata.

Ketika ditemui, Gamil Umar dengan merendah menuturkan bahwa apa yang dilakukannya merupakan hal yang biasa ia lakukan, tidak hanya kali ini saja tapi setiap saat ada hal yang kurang, ia selalu turun langsung untuk menyelesaikannya sekaligus memberi contoh kepada siswa. Menurutnya, guru di sekolah tidak hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan dalam proses pembelajaran, tapi juga harus mampu menunjukkan jati diri sebagai pendidik yang harus memberikan keteladanan kepada siswa, agar kelak ketika terjun ke masyarakat mereka nantinya dapat menjadi panutan bagi elemen masyarakat lainnya.

Menurut Guru yang 2 tahun lalu meraih bonus naik haji dari Bupati Kab. Gorontalo David Bobihoe Akib karena prestasinya tersebut mengutarakan, modal utama untuk dapat melakukan yang terbaik kepada siswa dan sekolah adalah sikap Ikhlas dalam bekerja. Oleh karena itu kata Gamil Umar, kepada para gurunya ia selalu menekankan pentingnya sikap Ikhlas dalam bekerja dan mengabdi. “Ketika kita bekerja dengan ikhlas tanpa mengharapkan pamrih dan pujian, Allah SWT Maha Mengetahui, akan ada buah yang akan dipetik, intinya, dalam bekerja dan bertugas semata-mata mengharapkan Ridha Allah SWT” tutur Gamil bijak.

Hal itu ungkap Gamil Umar lagi, telah dibuktikannya selama menjadi guru maupun sebagai Kepala Sekolah yang Alhamndulillah ketika mengikuti ajang lomba selalu meraih predikat yang terbaik. Tidak bermaksud untuk memuji diri sendiri, Gamil Umar menuturkan, ketika ia meraih predikat Guru Berprestasi di tingkat Kabupaten dan Provinsi, ia mendapatkan Bonus naik haji dari Bupati dan lagi-lagi sepulangnya dari menunaikan ibadah rukun Islam ke – lima tersebut, perjuangannya selama 2 tahun menempuh pendidikan S2 berhasil dengan gemilang.

Terkadang ungkap Gamil, beberapa rekannya sering bertanya, apa resepnya hingga keberuntungan selalu saja diraihnya mulai dari bonus naik haji, meraih gelar S2 sepulangnya dari tanah suci Mekah, ditambah lagi dengan prestasi yang diraih sekolahnya yang dari tahun ke tahun terus meningkat.

Mendengar pertanyaan ini, Gamil Umar hanya bisa tersenyum dan menjawab singkat, tidak ada resep untuk itu, selama ini ia hanya berusaha bekerja, bertugas dan mengabdi dengan penuh tanggung jawab yang dibarengi dengan niat ikhlas. ketika bekerja, ia tidak pernah berpikir untuk mendapatkan ini dan itu apalagi mengharapkan pujian dari atasan atau dari orang lain.

Resep lainnya, kata Gamil Umar adalah kepemimpinan selama ini yang dilandasi semangat kekeluargaan yakni menempatkan warga sekolah sebagai sebuah komunitas keluarga yang harus saling berinteraksi secara harmonis dan saling hormat menghormati. Tidak heran jika di SDN 1 Kayu Bulan, hampir tidak ada batasan antara atasan dan bawahan, semuanya terlibat dalam interaksi untuk berbuat yang terbaik bagi kemajuan dan peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Semua itu, kata Gamil dibingkai oleh visi sekolah sebagai pedoman, acuan dan komitmen untuk melangkah pada satu fokus yakni mencapai VISI sekolah yang bertajuk BUDIMAN = Berbudi Luhur, Unggul, Disiplin, Inovatif, Mandiri, Aman dan Nyaman. (AM)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes