Selasa, 27 September 2011

MTsN Gorontalo Menuju Madrasah Bertaraf Internasional yang Handal dan Berkualitas

Madrasah Tsanawiyah Negeri Gorontalo yang berlokasi di Jalan Poigar Kel. Molosipat U Kota Utara Gorontalo dari tahun ke tahun terus saja menggulirkan berbagai inovasi dan terobosan yang layak mendapat apresiasi positif dari seluruh elemen di daerah ini.

Setelah berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan kualitas akademik, MTs Negeri Gorontalo merupakan salah satu Madrasah di daerah ini yang sangat dinamis dalam mengembangkan konsep pendidikan yang berorientasi pada kualitas output dan memiliki nilai tambah.

Kepala Madrasah Masjrul Janto Usman, S.Ag, M.Pd.I nampaknya tidak pernah berhenti untuk mengembangkan institusi yang dipimpinnya sehingga tidak mengherankan jika setiap tahun ajaran baru jumlah peminat yang mendaftar di sekolah ini mengalami peningkatan signifikan.
MTsN Gorontalo dalam kiprahnya memainkan perannya dalam proses pendidikan menetapkan VISI : Mewujudkan Madrasah yang Islami, Inovatif, Populis dan berkualitas.
Visi tersebut diaplikasikan melalui MISI : Menyiapkan Sumber Daya Insani yang menguasai IPTEK dan IMTAQ, meningkatkan kemampuan professional tenaga kependidikan, Mewujudkan MTs Negeri Gorontalo sebagai pusat pengembangan organisasi dan pengajaran IPTEK dan IMTAQ.

Dengan visi dan misi tersebut diharapkan para siswa dan siswi kelak akan memiliki kemuliaan akhlak atau moral, memiliki kemampuan akidah dan kedalaman spiritual, memiliki wawasan keilmuan yang tinggi dalam IPTEK dan IMTAQ, siap berkompetisi dengan lulusan Madrasah/sekolah lain serta mampu menjunjung tinggi nama baik almamater.

Untuk mencapai semua ini menurut Masjrul Janto Usman memang dibutuhkan berbagai instrument akademik dan non akademik berupa fasilitas sarana dan prasarana serta tenaga guru, dan kependidikan maupun kondisi madrasah yang nyaman dan menyenangkan.

Adapun fasilitas yang dimiliki terdiri dari ruang kelas yang representatif, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Sains (Fisika/Biologi), Laboratorium Komputer, Mushollah, Ruang Multimedia, aula serba guna, sarana kesenian, (Sound sistem/orgen), sarana olahraga, sarana hotspot untuk mengakses internet dan agi yang lancar baca tulis Al-Qur’an diprogramkan pada seni Tilawah oleh Qori dan Qori’ah Nasional.

Tidak hanya itu saja, MTs Negeri Gorontalo dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya siang siswa memiliki program unggulan yakni Bahasa Inggeris, Bahasa Arab dan Komputer serta memiliki agenda pembinaan minat dan bakat siswa di bidang olahraga semisal : Sepak Bola, Bulutangkis, Tenis Meja, Volly Ball. Sementara untuk bidang Seni seperti tarian, Pidato/ceramah, Syahril Qur’an, Vokalis/Qasidah, Teater, Hifzil Qur’an, Tilawah Qur’an dan Kaligrafi. Disamping itu terdapat pula program Kepramukaan/PMR dan kegiatan Science.
Atas upaya dan semua program tersebut maka tidak mengherankan pula jika MTs Negeri Gorontalo selama ini banyak meraih prestasi akademik dan non akademik. Dalam selang tiga tahun berturut-turut misalnya, MTs Negeri Gorontalo menurut Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Luki Husin, S.Ag diantaranya pernah meraih juara 1 Debat Bahasa Inggeris, Juara 1 Reading News Madrasah tingkat Provinsi, juara 2 LCT Matematika Tk. Kota, juara III Liga Pendidikan Indonesia tahun 2011, juara 1 Bulutangkis tk Kota, juara 1 MTQ anak-anak tk kecamatan, juara 1 Musabaqah Fahmil Qur’an, juara 2 MTQ Pelajar tingkat provinsi, juara 2 Lomba Kaligrafi Bid. Hiasan Mushaf tk kota dan menjadi peserta MTQ tingkat Nasional Cab. Syahril Qur’an tahun 2008. selain itu untuk bidang Seni, pernah meraih juara 1 Puisi tingkat Kota, juara 1 Lomba Qasidah MTs se Provinsi, juara 2 Tarian Dana-Dana tkt MTs se Provinsi Gorontalo.(AM)


Dinilai Maju dan Syarat Inovasi
MTsN Gorontalo Peroleh Bonus Mobil dari KOMITE


Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Gorontalo memperoleh bonus 1 unit Mobil operasional dari Komite Sekolah sebagai bentuk dukungan dan support untuk warga Madrasah dalam rangka berkiprah mewujudkan Madrasah yang handal dan berkualitas.

Bonus Mobil ini sekaligus sebagai bentuk pengakuan atas prestasi, dedikasi, kinerja dan inovasi yang terus digalakkan oleh warga Madrasah hingga kian maju dan berkembang seperti sekarang ini.

Kepala Madrasah Masjrul Janto Usman, S.Ag,M.M.Pd.I menjelaskan, Bonus mobil ini merupakan inisiatif Komite Sekolah untuk mendukung semangat dan komitmen warga Madrasah yang demikian menggebu-gebu untuk meraih kemajuan dan prestasi menuju Madrasah yang handal dan berkualitas. “Komite Sekolah melihat semangat dan komitmen kita untuk maju selama ini, sehingga beliau-beliau itu mengambil inisiatif untuk membantu mobil operasional agar kedepan segala urusan lebih cepat dan dinamis” tutur Masjrul gembira. Gagasan ini menurut Masjrul berawal ketika siswa MTs mengikuti Liga Pendidikan dan meraih juara yang ketika itu para peserta dari MTs terpaksa harus mengontrak mobil dan berdesak-desakan menuju lokasi pertandingan. Rupanya Komite Sekolah cukup prihatin melihat hal itu dan tidak berapa lama muncul inisiatif dari Komite Sekolah untuk menggalang bantuan sukarela dari anggota Komite Sekolah dan dalam waktu yang sangat singkat mobil tersebut berhasil diadakan.

Tidak hanya itu saja, sebelumnya, Komite Sekolah juga memberikan bantuan dana untuk pembangunan pintu gerbang Madrasah yang juga diberikan untuk menunjang berbagai upaya yang selama ini dirintis oleh warga Madrasah.

Untuk itu Masjrul Janto yang didampingi Wakil Kepala Madrasah bidang Humas Luki Husin, S.Ag atas nama keluarga besar MTs negeri Gorontalo menyampaikan rasa syukurnya yang mendalam seraya menghaturkan penghargaan dan terima kasih kepada Komite Sekolah atau Komite Madrasah yang selama ini telah banyak berkontribusi dalam mendukung setiap program Madrasah.

Khusus untuk bantuan Mobil ini tandas Masjrul, sangat membantu kelancaran urusan dan operasional Madrasah terutama untuk memperlancar aktifitas siswa ketika harus mengikuti event-event penting dan urusan akademik lainnya. “Kami sangat bersyukur, pihak Komite Madrasah sangat proaktif dalam membantu dan mendukung program kita, sehingga segala daya dan upaya untuk memajukan Madrasah ini akan terus kita gulirkan sebagai bentuk komitmen dan pertanggungjawaban kita kepada masa depan anak



didik sekaligus pertanggungjawaban atas dukungan pihak Komite selama ini” ungkap Masjrul bertekad. (AM)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes