Selasa, 27 September 2011

Disdik Bonbol Impelementasikan Pendidikan Karakter, Bakal Terapkan Sanksi bagi Guru yang Berkarakter Buruk





Dinas Pendidikan Nasional Kab. Bone Bolango dalam satu tahun terakhir dibawah kendali Kepala Dinas Drs. Robin Daud, M.Si secara konsisten mengimplementasikan pendidikan karakter yang telah dicanangkan oleh Pemerintah pusat sejak tahun 2010 lalu. Ditemuai di ruang kerjanya belum lama ini, Robin Daud menjelaskan, meski belum diwujudkan dalam bentuk kurikulum yang baku seperti bidang studi yang lain, namun pendidikan karakter diinklud dalam setiap mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Selain itu, dalam mengaplikasikan pendidikan karakter kepada anak didik, faktor penting yang menjadi penekanan Dinas Pendidikan adalah guru harus tampil menjadi panutan dan teladan di sekolah melalui sikap dan perilaku yang terpuji.

Untuk itu Robin Daud mengatakan telah menyiapkan instrument yang menjadi sanksi bagi guru yang berkarakter buruk di sekolah dan di masyarakat dengan menerapkan instrument tersebut tanpa pandang bulu. Sikap tegas ini ungkap Robin Daud merupakan konsekwensi dari upaya melahirkan anak bangsa yang berkarakter baik di masa-masa mendatang. Dijelaskannya, dalam pendidikan karakter, faktor guru sangat menentukan yakni selain mengajarkannya melalui pembinaan, pengarahan dalam bentuk teori-teori di setiap mata pelajaran di kelas, pendidikan karakter juga dapat dimanifestasikan melalui sikap dan perilaku yang terpuji.

Robin Daud menambahkan selama setahun terakhir ini, pihaknya belum menemukan dan menerima laporan terkait sikap dan perilaku guru yang tidak terpuji sehingga ia optimis pendidikan karakter di sekolah saat ini benar-benar teraplikasikan secara konkrit dan diharapkan akan terus berlangsung secara optimal di masa-masa mendatang. Untuk itu selaku Kepala Dinas, Robin Daud mengharapkan kepada para guru, kepala sekolah dan pengawas di daerah ini untuk fokus pada implementasi pendidikan karakater di sekolah karena terkait erat dengan eksistensi bangasa ini kedepan.

Lakukan Pembenahan dengan Paradigma Baru

Sementara itu di tempat terpisah Sekretaris Dinas Pendidikan Moh. Husain, S.Pd, M.M.Pd menjelaskan, dalam satu tahun terakhir ini, Dinas Pendidikan Kab. Bone Bolango dibawah kepemimpinan Robin Daud secara konsisten terus melakukan pembenahan di berbagai aspek yang selama ini menjadi resistensi kemajuan pendidikan di Kab. Bone Bolango. Aspek-aspek tersebut meliputi pembenahan administrasi kepegawaian termasuk didalamnya mereformasi dan menata kembali distribusi guru atau pemerataan guru, penertiban dan pembenahan tenaga guru honorer, mengupayakan peningkatan kesejahteraan dan profesionalisme guru, program peningkatan kualifikasi guru, upaya peningkatan pembangunan sarana prasarana pendidikan, program peningkatan prestasi siswa di bidang akademik dan non akademik, memacu peningkatan nilai Ujian Nasional di semua tingkat pendidikan, melakukan pembinaan dan pengembangan karakter guru yang professional dan berkualitas, melakukan upaya peningkatan etos kerja dan disiplin guru dan aparatur pendidikan guna mewujudkan pelayanan prima di bidang pendidikan, melakukan evaluasi dan monitoring terhadap pelaksanaan pendidikan serta melakukan upaya pemetaan kualitas pendidikan berdasarkan kondisi wilayah kecamatan, dan yang paling terpenting adalah meningkatkan peran pengawas dalam mengembangkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Diharapkannya, dengan berbagai terobosan yang dialaksanakan saat ini, pendidikan di Kab. Bone Bolango kedepan akan mengalami lompatan-lompatan kemajuan signifikan yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan kualitas hidup masyarakat Kab. Bone Bolango. Untuk itu, Moh. Husain disatu sisi bertekad akan melakukan tugas dan kinerja dengan seoptimal mungkin dan disisi lain akan terus mendorong aparatur pendidikan di instansinya agar mampu meningkatkan etos kerja dengan seoptimal mungkin. Etos kerja yang ditunjang dengan disiplin ungkap Moh. Husain merupakan solusi terbaik dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi. Sekretaris Dinas Pendidikan yang sebelumnya menjabat Kabid Dikdas ini menambahkan, Dinas Pendidikan Kab. Bone Bolango saat ini berbeda dengan masa lalu, karena saat ini, pihaknya lebih fokus pada bagaimana mengoptimalisasi tupoksi Dinas dengan menerapkan instrument yang bernuansa baru dengan pola dan paradigma baru yang lebih berorientasi pada peningkatan kualitas output pendidikan di daerah ini. (AM)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes