Selasa, 08 Februari 2011

Masuki 2011, Pengawas di Diknas Pohuwato Berbenah

Fungsi dan tugas seorang Pengawas sangat penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Dalam berbagai perangkat ketentuan seperti tertuang dalam SK Menpan nomor 118 tahun 1996 tentang jabatan fungsional pengawas dan angka kreditnya, Keputusan bersama Mendikbud nomor 03420/O/1996 dan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara nomor 38 tahun 1996 tentang petunjuk pelaksanaan jabatan fungsional pengawas serta Keputusan Mendikbud nomor 020/U/1998 tentang petunjuk teknis pelaksanaan jabatan fungsional pengawas sekolah dan angka kreditnya, sangat jelas terungkap bahwa tugas pokok dan tanggung jawab pengawas sekolah meliputi, Melaksanakan pengawasan penyelenggaraan pendidikan di sekolah sesuai dengan penugasannya pada TK, SD, SLB, SLTP dan SLTA serta meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar/bimbingan dan hasil prestasi belajar/bimbingan siswa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.
Sebagai tindak lanjut dari berbagai ketentuan tersebut, jajaran Pengawas pada Dinas Pendidikan Kab. Pohuwato mengawali tahun 2011 lalu telah melaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya telah melaksanakan Rapat Kerja (Raker) Pengawas sekolah dalam rangka pembahasan program kepengawasan sekolah baik pengawas PAUD, TK/SD, SMP/SM se Kabupaten Pohuwato.
Koordinator Pengawas (KORWAS) Dinas Pendidikan Kab. Pohuwato Harun Adam, S.Pd, kepada media ini menjelaskan, selain kegiatan tersebut diatas, pihaknya juga secara berturut – turut telah membuat dan merevisi berbagai instrument yang disesuaikan dengan Word Bank, menyusun standar kinerja Pengawas dan Kepala Sekolah dan menyusun jadwal ke Pengawas Satuan dan Pengawas Rumpun mata pelajaran.
Dari keseluruhan kegiatan yang dilaksanakan tersebut menurut Wakil Ketua PGRI Kab. Pohuwato ini dimaksudkan untuk memperkuat komitmen para Pengawas agar lebih maksimal dalam melaksanakan tugas kepengawasan guna peningkatan kinerja guru, Kepala Sekolah demi terwujudnya peningkatan mutu pendidikan di Kab. Pohuwato.
Apalagi jika dibandingkan dengan daerah lain, jajaran pendidikan Kab. Pohuwato termasuk Pengawas masih harus lebih bekerja keras lagi dalam meningkatkan mutu pendidikan. “Khusus untuk Pengawas, kita telah menyiapkan berbagai instrument untuk bangkit dan berbenah sebagai bentuk komitmen dalam mengemban tugas kepengawasan” tandasnya (AM)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes