Selasa, 08 Februari 2011

Wamendiknas Minta LPMP Jalin Kerjasama dengan PGRI




Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Djalal meminta kepada Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) di seluruh Indonesia dapat menjalin kerja sama dengan PGRI untuk melakukan berbagai hgal terkait dengan peningkatan mutu pendidikan di masing-masing Provinsi. Kerja sama ini menurut Wamendiknas sangat penting terutama dalam melakukan kegiatan-kegiatan ilmiah, penelitian, riset dan penulisan karya ilmiah bagi para guru. Kedepan, LPMP menurut Wamendiknas harus membuka diri dan melakukan jalinan komunikasi, interaksi dan kerja sama yang harmonis dengan organisasi profesi guru dalam hal ini PGRI.

Kedepan ungkap Wamendiknas lebih lanjut PGRI sebagai organisasi profesi guru harus dapat dilibatkan dalam berbagai program pemerintah guna membangun relevansi program terkait peningkatan kualitas pendidikan khususnya dalam mewujudkan program peningkatan kualitas guru. Dijelaskannya, peran guru dan organisasinya dalam proses penyelenggaraan pendidikan harus sejalan dan seirama yang membutuhkan jalinan kerja sama untuk membumikan ide dan konsep strategi sehingga menjadi satu program yang terintegrasi ke dalam ranah kebijakan pemerintah.

Selain melaksanakan dan mengintensifkan program KKG maupun MGMP, LPMP yang berada dibawah nuangan Kementerian Pendidikan Nasional harus mampu memberdayakan potensi lokal termasuk dengan PGRI yang selama ini memiliki agenda – agenda perjuangan bagi kepentingan anggotanya. Menurut Fasli Djalal, PGRI saat ini telah berkembang menjadi sebuah organisasi yang dinamis, proaktif sehingga harus diberdayakan menjadi mitra pemerintah dalam membangun pendidikan di Indonesia. Ia mengakui dalam beberapa tahun terakhir ini, PGRI di semua tingkatan telah memperlihatkkan dinamika yang sangat efektif dalam memperjuangkan aspirasi anggotanya. Ia mencontohkan , lahirnya Undang-Undang Guru dan Dosen yang menjadi landasan utama dalam pembenahan guru dan pendidikan pada umumnya lahir dari komitmen dan tekad serta perjuangan PGRI yang tidak kenal lelah melakukan berbagai kegiatan untuk mempresure pemerintah agar berpihak pada kepentingan guru dan pendidikan. Diharapkannya, kerja sama antara PGRI dan LPMP ini dapat segera direalisasikan minimal menemukan suatu pola kerja sama yang dapat memberi penguatan terhadap program peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan di Indonesia. Pemerintah Pusat ungkap Fasli Djalal lagi akan mengalokasikan anggaran untuk merealisasikan kerja sama antara PGRI dan LPMP kedepan. (AM)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes