Selasa, 27 September 2011

David Masuk Sepuluh Besar Bupati Terbaik Se Indonesia

David Bobihoe Akib merupakan sosok pemimpin yang mampu mengharumkan nama baik Gorontalo di tingkat Nasional dan bahkan Internasional. Tahun 2011 ini misalnya, David masuk urutan ke -4 dari sepuluh Bupati/Walikota terbaik dari seluruh Indonesia versi Majalah SWA. Proses penilaian terhadap kesepuluh pemimpin daerah tersebut dilakukan jauh-jauh hari dan dilakukan dengan sangat obyektif tanpa ada tendensi apapun. Tidak hanya itu saja, karena kiprah kepemimpinannya yang brilian, David Bobihoe juga termasuk pemimpin yang setiap saat didaulat menjadi pembicara pada perhelatan nasional. Salah satunya pada awal tahun 2011 David menjadi satu-satunya Bupati di Indonesia yang didaulat menjadi pembicara utama pada Rembuk Pendidikan Nasional di Jakarta. Selain itu pada tahun 2011, David juga merupakan satu-satunya Bupati yang mendapat kehormatan menjadi Ketua Tim Delegasi Pendidikan Nasional ke Australia yang dikirim khusus oleh Kementrian Pendidikan Nasional bersama-sama dengan Ir. Siswoyo Kepala Bagian Perencanaan Set Ditjen PMPTK, Drs. Djoni Kasie Perencanaan Dit. Bindiklat Ditjen PMPTK, Drs. Yohan Sutanto Kasie Program Diklat Dikformal Dit Bindiklat, dan Dian Wahyuni, SE, Kasie Pemgembangan Karir Dit. Profesi Pendidikan Ditjen PMPTK untuk meninjau pengelolaan pendidikan profesional yang telah beroleh pengakuan internasional.
Ditunjuknya Bupati David sebagai Ketua Delegasi oleh Kementrian Pendidikan, karena Pemerintah Kabupaten Gorontalo dinilai merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang serius dan sukses dalam peningkatan pendidikan, dimana berbagai kebijakan yang diterapkan telah berhasil mendongkrak kualitas SDM para pelaku pendidikan. Dalam kunjungan yang berlangsung 31 Mei hingga 4 Juni 2010 itu, tim delegasi Indonesia dibawah Pimpinan David Bobihoe mengunjungi Konsulat Jenderal RI di Melbourne, dilanjutkan dengan kunjungan kebeberapa pusat penyelenggaraan pendidikan Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading (BERMUTU) seperti, Departement of Educatioan, dan Victorian Institute of Teaching di Victoria, seanjutnya meninjau langsung penyelenggaraan pendidikan di Lembaga Training dan Kelompok Guru Australia, serta kebeberapa sekolah setara SD dan SMP yang relevan menangani sertifikasi guru.
Kunjungan Bupati David Bobihoe Akib “berguru pendidikan ke Australia bersama tim Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan itu pun beroleh dukungan penuh berbagai kalangan karena akan menambah semangat tumbuh kembangnya pendidikan di Gorontalo. Pada tahun yang sama, David Bobihoe juga didaulat berkunjung ke Brazil dan China sebagai apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan komitmen Bupati David dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Tidak hanya itu saja, Konsistensi serta komitmen Bupati David dalam memajukan dunia pendidikan membuat banyak daerah di Indoensia yang tertarik untuk belajar dan mendalami berbagai program pendidikan yang sudah dilakukan pemkab Gorontalo, salah satunya adalah pemerintah Kabupaten Sampang Propinsi Jawa Timur yang pada akhir tahun 2010 lalu melakukan studi visit di Kabupaten Gorontalo.

UNICEF 'Adopsi' Terobosan Pendidikan Kabupaten Gorontalo
Bukan hanya Word Bank yang salut terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Gorontalo, tapi juga UNICEF. Lembaga internasional ini menjalin kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam rangka peningkatan mutu pendidikan sejak tahun 2006 lalu.
Manager office Unicef Neven Knezevic dan Project officer MGP-BE Pusat Amson Simbolan dalam kunjugannya ke Kab. Gorontalo belum lama ini mengakui dan memuji terobosan yang dilakukan Bupati David dalam meningkatkan mutu pendidikan didaerah ini yang menjadi salah satu dari tiga fokus pembangunan daerah, disamping peningkatan kesehatan masyarakat dan pengembangan perekonomian. Dalam kunjungan UNICEF tersebut juga terungkap Konsep pendidikan di Kab. Gorontalo akan diadopsi oleh Lembaga Internasional di bawah naungan PBB itu untuk diterapkan secara nasional.
2011, Alokasi dana Pendidikan 38 Persen
Standar penganggaran Nasional dari Pemerintah Pusat yang mematok anggaran pendidikan di seluruh daerah tidak kurang dari 21,5 persen sudah terpenuhi di Kabupaten Gorontalo. Untuk tahun 2011 ini, alokasi pendidikan di kabupaten yang dikomandoi David Bobihoe itu mencapai 38 persen.
Menurut Buapti David, anggaran pendidikan yang melampaui target penganggaran nasional itu, diharapkan mampu menyeimbangkan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan daerah. ” Kebijakan itu dikhususkan untuk peningkatan kualitas generasi muda di daerah,” Kata David, baru-baru ini .
Dia mengatakan, pemerintah daerah berharap seluruh tenaga pendidik yang ada, wajib membentuk dan menumbuhkan pola pikir dan perilaku yang baik terhadap anak didik, yang sesuai dengan peraturan dan perundang- undangan.
Seiring peningkatan pembangunan infrastruktur pendidikan yang makin baik dan berkualitas, maka tenaga pendidik di daerah itu harus mampu meningkatkan kualitas kompetensinya dalam mendukung sistem pengajaran di daerah.

Program Goverment Mobile dan Kick Andy Metro TV
Bupati David Bobihoe merupakan satu-satunya Bupati di Provinsi Gorontalo yang mendapat apresiasi dari Presiden SBY dengan program unggulannya Goverment Mobile. Apresiasi tersebut dimanifestasikan oleh pemerintah pusat dengan mengadopsi konsep tersebut menjadi program nasional. Selain itu, program GM telah menarik perhatian media Televisi Nasional Kick Andy yang mengundang Bupati David secara khusus untuk tampil di stasiun pemberitaan tersebut dengan harapan dapat dilihat oleh masyaralkat secara nasional dan yang lebih penting lagi diharapkan menjadi sumber inspirasi dan referensi bagi daerah lain untuk melakukan terobosan yang sama di daerahnya masing-masing.

Sosok Bupati yang Dekat dengan Rakyat
Kedekatan Bupati David Bobihoe Akib dengan rakyatnya seperti antara orang tua dan anak. Setiap saat Bupati tidak segan-segan turun ke lapangan baik di pusat kota maupun di pelosok-pelosok. Target utamanya adalah menyelami persoalan, aspirasi maupun kepentingan masyarakat untuk selanjutnya menjadi acuan Pemerintah Daerah dalam mengeluarkan kebijakan. Atas perhatiannya yang sangat tulus kepada rakyat tersebut menjadikan Bupati David sebagai sosok pemimpin yang merakyat, peka dan aspiratif. Belum lama ini misalnya, David Bobihoe di tengah kesibukannya langsung melihat dari dekat korban kebakaran rumah di Isimu Kab. Gorontalo dan langsung memberikan bantuan rumah kepada korban. Dari salah satu contoh ini, betapa David Bobihoe Akib adalah sosok pemimpin yang merakyat sehingga tidak heran, jika David setiap tahun selalu banir dengan penghargaan demi penghargaan hingga dinobatkan sebagai Bupati Terbaik se Indonesia.




0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes