Selasa, 27 September 2011

Nelson Selalu Sukses Wujudkan Impian Rakyat Gorontalo


Sejarah telah mencatat bahwa Prof. Nelson Pomalingo selama ini telah mampu mewujudkan impian dan keinginan rakyat Gorontalo. Antara tahun 1999-2000 misalnya, Nelson tampil di garda terdepan dalam memperjuangkan lahirnya Provinsi Gorontalo sehingga dikukuhkan menjadi Deklarator Provinsi Gorontalo. Ketika tokoh Gorontalo lainnya ketika itu masih dihantui keraguan dan pesimisme, justru Nelson tampil meyakinkan menorobos berbagai rintangan dan kendala hingga lahir Provinsi Gorontalo. Dengan keberhasilan itu, Nelson telah dicatat sejarah sebagai pejuang yang gigih dalam perjuangan mewujudkan impian rakyat Gorontalo yang ingin memisahkan diri dengan Provinsi Sulawesi Utara ketika itu.

Impian rakyat lainnya yang berhasil dipersembahkan sosok Nelson kepada rakyat Gorontalo adalah keinginan melahirkan Universitas Negeri yang representatif sebagai wadah melahirkan SDM yang unggul di Provinsi Gorontalo. Keinginan rakyat tersebut hanya dalam waktu yang sangat singkat yakni kurang lebih setahun lamanya diwujudkan oleh seorang Nelson yang ketika itu menjabat sebagai Rektor IKIP Negeri Gorontalo. Berkat prestasi yang gemilang itu, Nelson dipercaya menjadi Rektor Universitas Negeri Gorontalo dua periode yang dalam rentang waktu delapan tahun lamanya UNG telah menjadi deretan Universitas terkemuka di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Tidak heran jika tahun 2010 saja jumlah Mahasiswa UNG mencapai 20 ribu mahasiswa yang sebagian besar justru berasal dari luar daerah semisal Papua, Maluku, ternate, Sulawesi tenggara, Sulawesi tengah dan bahkan ada mahasiwa yang berasal dari Kalimantan dan Sumatera. Lahirnya Universitas Negeri Gorontalo merupakan babak baru bagi terwujudnya SDM Gorontalo yang maju dan berkualitas. Kini berkat buah pikiran dan kecerdasan seorang Nelson, UNG telah memiliki ratusan Dosen bergelar S2, puluhan Doktor dan Guru Besar, memiliki hampir 20 ribu mahasiswa dan menjadi tujuan utama bagi mahasiswa dari kawasan timur Indonesia. Belum lagi performance dan kinerja kampus semasa kepemimpinan Nelson yang mampu menjalin kerjasama dengan Universitas ternama di dalam Negeri dan Luar Negeri, mampu meraup PAD hingga Rp. 50 milyar adalah deretan prestasi yang menjadi indikator betapa Nelson merupakan pemimpin yang dibutuhkan oleh daerah ini kedepan.

Keberadaan UNG saat ini tidak hanya berdampak terhadap peningkatan SDM Gorontalo tapi juga telah berdampak secara ekonomi kepada masyarakat Gorontalo khususnya masyarakat di Kota Gorontalo. Jika setiap mahasiswa dalam setahun membelanjakan uang sebanyak Rp. 1 juta per bulan, maka Rp. 20 Milyar uang beredar di Kota Gorontalo, maka dalam setahun terdapat kurang lebih Rp. 240 Milyar dana yang menjadi penentu dinamika kehidupan ekonomi masyarakat Kota Gorontalo. Semua dampak ini tidak terlepas dari campur tangan yang Maha Kuasa yang telah memberikan kekuatan, semangat dan kecerdasan kepada seorang Nelson sehingga mampu menangkap peluang dan potensi Gorontalo. Pemimpin seperti inilah yang sebenarnya dibutuhkan oleh Gorontalo di masa-masa mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes