Selasa, 27 September 2011

SMP Negeri 1 Duhiadaa, Mendapat Apresiasi karena Berprestasi





Institusi pendidikan akan mencapai titik kemajuan jika mendapat dukungan dan apresiasi dari masyarakat. Bagaimanapun juga, dunia pendidikan membutuhkan interevensi berbagai elemen dan stakeholder untuk bisa eksis dengan programnya. Oleh karena itu peran orang tua murid dan masyarakat merupakan hal yang mutlak untuk diwujudkan oleh setiap sekolah.

SMP negeri 1 Duhiadaa Kab. Pohuwato boleh disebut merupakan salah satu sekolah yang mampu merangsang peran dan partisipasi orang tua murid dan masyarakat di sekitarnya sehingga mampu melaksanakan setiap agenda yang telah diprogramkan.

Kepala Sekolah Iwan K. Idrus, S.Pd mencontohkan, saat menjelang Ujian Nasional tahun 2011 lalu, orang tua muridlah yang secara sukarela meminta sekolah untuk melaksanakan program pembentukan kelompok belajar dengan mengundang guru ke rumah orang tua siswa. Selain itu, program Try out, penambahan jam belajar, dan diskusi kelompok secara keseluruhan mendapat dukungan dari orang tua murid.

Fenomena ini ungkap Wakil Sekretaris PGRI Kab. Pohuwato ini, merupakan indikator mulai tingginya apresiasi masyarakat terhadap proses pelaksanaan pendidikan di sekolahnya. “Hal ini tentu menggembirakan, karena tidak bisa dipungkiri bahwa kita memang membutuhkan dukungan masyarakat dalam proses pendidikan”katanya.

Tidak heran jika dalam satu tahun terakhir ini, sekolah yang dipimpinnya terus menapaki kemajuan dan secara progresif meraih lompatan-lompatan signifikan. Indikatornya dapat dilihat dari berbagai prestasi akademik dan non akademik yang diraih, diantaranya pernah menjuarai Lomba Tarian Kreasi hingga mewakili Kab. Pohuwato ke tingkat Provinsi, menjuarai Lomba Telling Story, meraih juara STQ dan meraih prestasi lainnya di berbagai event kejuaraan untuk bidang olahraga.

Sebagai sekolah yang telah ditetapkan menjadi SSN, SMP Negeri 1 Duhiadaa ungkap Iwan Idrus, harus mampu eksis dengan berbagai pendekatan sehingga layak mendapat apresiasi dari masyarakat. Hal itu kata Iwan lagi telah terbukti dengan munculnya animo masyarakat, khususnya orang tua murid untuk berperan serta dan berpartisipasi dalam proses pendidikan.

Dibagian lain Iwan K. Idrus memaparkan, jumlah siswa di sekolahnya hingga tahun 2011 ini mencapai 407 orang yang dibimbing oleh 24 Guru PNS, 7 orang tenaga tata usaha, 3 diantaranya adalah PNS sementara 4 orang lainnya berstatus tenaga honorer.

Nama-nama Guru di SMP negeri 1 Duhiadaa :
1. Iwan k. Idrus, S.Pd, (Kepala Sekolah)
2. Utari Tantu
3. Dra Asni Tomajahu
4. Drs. Husain T. Saleh
5. Dra. Fatmawati Usman
6. Andang Eda, S.Pd
7. Usman Adam Ngau, S.Pd
8. Meyko S. Inaku, S.Pd
9. Warni Lawani, S.Pd
10. Hafendi Rahman, S.Pd
11. Sumardin Van Gobel, S.Pd
12. Triso Suleman, S.Pd
13. Sugianto Rahman, S.Pd
14. Rohimah, S.Pd.I
15. Lunani Pjoh, S.Pd
16. Arifin Dungio, S.Pd
17. Shanti Umar, S.Pd
18. Fatmah Dunda, S.Pd
19. Arman Bumulo, S.Pd
20. Rahmawaty Gau, S.Pd
21. Ernaningsih Basier, S.Pd
22. Nurmi, SE
23. Ridun Antuli, S.Pd
24. Asira Limalo, BA
25. Yanti Ibrahim Mohamad (Bendahara)
26. Salma Djafar (TU)
27. Hastuti Suleman (TU)
28. Betrisandi (TU Abdi )
29. Elvi Djafar, S.Sos (TU Abdi)
30. Frengky Tomayahu (Penjaga Sekolah)
31. Sarwin Bayani. (TU/Administrasi, dan Perpustakaan)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes