Selasa, 27 September 2011

Tolangohula Sukses dengan Program BERMUTU




Meski berada jauh dari pusat kota, namun pendidikan di Kec. Tolangohula memiliki perkembangan yang cukup pesat terutama dalam bidang pembelajaran. Hal ini terjadi karena Kec. Tolangohula termasuk salah satu wilayah yang melaksanakan program MGMPBE UNICEF untuk wilayah pedesaan. Tidak heran jika Tolangohula saat ini menjadi wilayah pengimbas untuk kecamatan lain yang tidak mendapat fasilitas program MGMPBE.
Kepala Cabang Dinas Diknas Kec. Tolangohula Arifin Biludi, S.Pd menjelaskan, secara umum pendidikan di Kec. Tolangohula sudah jauh lebih maju dan berkembang, meski masih ada 3 desa yang masuk pada kategori terpencil yakni Desa Polohungo, Bina Jaya dan Desa Tamaila. Indikatornya dapat dilihat dari perolehan hasil Ujian Nasional maupun prestasi – prestasi yang diraih di bidang olahraga dan sini, O2SN, Olympiade Matematika dan masih banyak lagi. Yang lebih membanggakan lagi, salah seorang siswa dari Tolangohula pernah mewakili Provinsi ke tingkat Nasional untuk cabang olahraga Tenis Meja.

Masih menurut Arifin Biludi, salah satu aspek yang sangat penting dari program MGMPBE ini adalah seluruh guru yang berjumlah 154 orang, yakni GTT 125 orang dan PNS sebanyak 88 orang telah mendapatkan dan menerapkan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) yang dampaknya sangat besar dalam menunjang program pemerintah daerah di bidang pendidikan. Meski saat ini program tersebut sudah tidak dilaksanakan lagi, namun PAKEM masih tetap diterapkan secara mandiri oleh pihak sekolah karena sistem ini ternyata cukup ampuh dalam mewujudkan siswa yang kreatif dan inovatif dalam rangka mempersiapkan SDM yang handal dan berkualitas.

Meski demikian, Arifin Biludi mengakui bila mengacu pada aturan idealnya bahwa 1 kelas sebanyak 28 siswa maka di Kec. Tolangohula masih termasuk kekurangan guru yang bila dihitung masih kekurangan sekitar 41 orang guru. Untuk mengantisipasi kekurangan guru selama ini Arifin Biludi melakukan berbagai terobosan khusus agar layanan pendidikan di wilayahnya tetap berjalan dengan lancar dan sukses. “Tinggal bagaimana kita mengantisipasi kekurangan itu dengan berbagai strategi khusus, dan itulah kunci sukses dalam meraih prestasi selama ini”tandasnya. (AM)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes