Selasa, 27 September 2011

Diknas Boalemo Eksis dengan Inovasi Pendidikan




Dinas Pendidikan Kab. Boalemo dibawah kepemimpinan Abdul Waris, M.Pd terus mengukuhkan diri sebagai institusi yang mampu memberikan layanan prima kepada elemen pendidikan di daerah Bertasbih tersebut. Tidak heran jika eksistensi pendidikan di Boalemo dari tahun ke tahun terus menunjukkan angka progresif yang menuai pujian dari berbagai kalangan. Yang terpenting lagi, perannya yang kian menunjukkan hasil dengan indicator-indikator perkembangan pembangunan SDM yang berkualitas mulai nampak.

Pola dan gaya kepemimpinan Abdul Waris yang mampu menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan masyarakat melalui terobosan-terobosan dan inovasi-inovasi yang terus bergulir patut diapresiasi sebagai berkah bagi dunia pendidikan di Kab. Boalemo. Selain itu, eksistensi kepemimpinan Abdul Waris yang mampu memberi support lahirnya “Team work” yang solid merupakan referensi yang tepat yang layak pula untuk diapresiasi oleh siapapun yang komitmen terhadap kemajuan pendidikan.

Meski demikian, Abdul Waris yang dihubungi belum lama ini dengan gaya khasnya menolak, jika prestasi yang diraih selama ini merupakan buah dari kerja kerasnya. Menurutnya, capaian-capaian prestasi yang selama ini diraih oleh Dinas Pendidikan, semisal perolahan hasil Ujian Nasional yang menggembirakan untuk tingkat SD-SMP dan SMA yang meningkat signifikan dari tahun lalu, merupakan buah dari kerja keras seluruh elemen guru, Kepala Sekolah, Pengawas dan masyarakat serta dukungan pemerintah daerah.

Dijelaskannya, peran Pemerintah daerah dalam menggenjot kualitas pendidikan merupakan faktor yang signifikan dalam mendorong lahirnya prestasi dan kemajuan pendidikan di Kab. Bertasbih. Kebijakan TKD bagi guru, program pemerataan dan distribusi guru, pemberian tunjangan bagi guru terpencil, pemberian insentif bagi guru honorer dan program beasiswa bagi guru dalam rangka peningkatan kualifikasi guru merupakan deretan kebijakan yang mampu memberikan penguatan terhadap munculnya etos kerja, kinerja dan profesionalisme aparat pendidikan. Selain itu, program pemerintah di bidang pembangunan infrastruktur dan sarana prasaran pendidikan yang dari tahun ke tahun terus meningkat juga merupakan bagian penting yang mampu mendorong percepatan pembangunan di bidang pendidikan khususnya pembangunan SDM di daerah ini.

Untuk itu Abdul Waris menekankan agar seluruh elemen pendidikan di Kab. Boalemo kedepan terus bekerja keras, professional dan menunjukkan kinerja yang maksimal, karena tantangan kedepan kian berat. Menurutnya, aspek penting yang menjadi fokus perhatian Dinas Pendidikan kedepan adalah peningkatan pelayanan akses pendidikan kepada masyarakat selain peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Kedua aspek ini akan menentukan perkembangan dan kemajuan daerah ini di masa-masa mendatang. (AM)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes