Selasa, 27 September 2011

SDN 1 Hutuo Menuju SSN





Dunia pendidikan di Kabupaten Gorontalo memang sangat dinamis. Banyak ide dan gagasan perbaikan terus saja digalang oleh seluruh elemen pendidikan di daerah ini yang dapat membangkitkan optimisme lahirnya SDM yang lebih baik lagi di masa-masa mendatang.

Salah satu sekolah di Kab. Gorontalo yang terus menapaki kemajuan adalah SDN 1 Hutuo Kec. Limboto. Dibawah kepemimpinan Ismet Husain, S.Pd, sekolah ini bakal menyandang predikat Sekolah Standar Nasional (SSN). Usulan itu telah masuk pada tahun 2010 dan diharapkan paling cepat tahun 2012 program SSN ini telah terealisasi.

Untuk menuju SSN, sekolah yang berlokasi di jalan Trans Sulawesi ini menurut Ismte Husain telah memenuhi persyaratan. mulai dari infrastruktur pendidikan, kualifikasi guru dan jumlah siswa.

Khusus untuk infrastruktur pendidikan diantaranya laboratorium bahasa, perpustakaan, ruang kelas dan penataan lingkungan sekolah, urai Ismet Husain telah diupayakan semaksimal mungkin dengan melakukan pendekatan dengan pemerintah daerah dan pihak Komite Sekolah.

Sementara itu menyangkut kualifikasi guru, memang sejauh ini baru sekitar 40 persen dari 13 guru PNS, dan 4 GTT yang menyandang pendidikan Sarjana, namun tahun 2012 guru yang belum sarjana diharapkan akan menyelesaikan pendidikan S1. “Kita akan pacu agar seluruh guru yang masih menyelesaikan pendidikan S1 akan tuntas pada tahun 2012 mendatang”tandas Kepala Sekolah yang pernah meraih predikat Guru Berprestasi tahun 2007 tingkat provinsi Gorontalo ini.

Tidak hanya itu saja, upaya pembenahan di bidang akademik, sejak setahun lalu menjabat Kepala Sekolah telah melakukan upaya komprehensif terutama dalam mendorong peningkatan disiplin guru dalam mengajar serta mendorong kinerja guru dalam berinovasi membuat instrument pembelajaran. Selain itu, sekolah yang memiliki siswa sebanyak 245 orang ini telah menjalin kerjasama dengan “English for privat” untuk memberikan kursus Bahasa Inggeris kepada siswa dan kerjasama dengan Primagama di bidang pembimbingan siswa pada bidang studi Matematika.

Sosok Kepala Sekolah yang saat ini tengah menyusun Buku Pembelajaran Matematika Ceria ini menuturkan keyakinannya, SDN I Hutuo akan selalu dinamis dalam mengikuti perkembangan dan tuntutan zaman. Apalagi komitmen Pemerintah Daerah yang ditunjang penuh oleh Komite Sekolah yang diketuai Tommy Pakaya, SH dan Ketua Alumni Ardintje Tome, BA, sekolah ini kedepan akan menjadi salah satu sekolah yang mampu melahirkan pendidikan dasar yang berkualitas sesuai visi yang diembannya yakni “Berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik, berbudaya, memiliki karakter bangsa dan berjiwa kewirausahaan” (***)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes