Selasa, 27 September 2011

Nelson, Potret Pemimpin Dinamis - Prospektif




Kiprahnya yang demikian luas, kemampuan dan talenta kepemimpinannya yang elegan, karya-karya monumentalnya yang terus dirasakan dampaknya oleh rakyat, dan kemampuannya yang mampu menorobos berbagai tantangan menjadi peluang dengan ide – ide segar yang sarat solusi pemecahan masalah adalah deretan ungkapan yang layak disandang oleh seorang Nelson. Atas kemampuannya itu Nelson boleh disebut, merupakan sosok Multi Dimensional” dan merupakan potret pemimpin Dinamis-prospektif yang mampu menunaikan tugas, harapan dan cita-cita bagi kepentingan rakyat.

Nelson Pomalingo yang telah menyandang predikat guru besar, mantan Rektor UNG, mantan Ketua Presidium Nasional Pembentukan Provinsi Gorontalo, Ketua PGRI Provinsi Gorontalo, Ketua Dewan Mesjid Indonesia Provinsi Gorontalo, Ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Gorontalo, Ketua Pertina Gorontalo dan Ketua Dewan Pembina Abang Bentor Gorontalo, merupakan sosok yang dinamis yang memiliki kemampuan menerobos, memutuskan, mengambil sikap, melakukan perubahan, mendobrak sekat-sekat yang menjadi penghalang kemajuan, kaya akan ide dan gagasan, menguasai hampir semua persoalan, memiliki keahlian spesifik, memiliki terobosan yang tepat, efektif dan efisien serta siap dengan berbagai solusi yang tepat untuk memecahkan setiap persoalan di tengah masyarakat.

Di berbagai organisasi, Nelson tampil elegan sebagai figure yang dinamis, dengan melakukan berbagai terbosan penting untuk organisasi. Di organisasi PGRI misalnya, Nelson berhasil membawa organisasi ini menjadi begitu dinamis, berprestasi di tingkat nasional dan kian memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dari elemen guru dan pendidik di daerah ini. Karena kiprah PGRI yang demikian dinamis itu, maka tidak mengherankan jika PGRI selalu menjadi kiblat bagi daerah lain untuk melahirkan berbagai ide dan gagasan bagi pengembangan organisasi kedepan. Yang paling anyar pada awal tahun 2011, Gorontalo menjadi tuan rumah pelaksanaan KONKERNAS III PGRI yang telah berlangsung dengan aman, lancar dan sukses. Demikian juga di organisasi Dewan Mesjid, Koalisi Kependudukan, Nelson telah memberi nuansa dan komitmen anggotanya untuk berkarya, bekerja dan berkiprah bagi kepentingan masyarakat. Atas kelihaian, kelincahan dan kecerdasan yang dimiliki Nelson, sampai-sampai mantan Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad yang kini menjabat Menteri Perikanan dan Kelautan pernah memuji Nelson sebagai sosok pemimpin yang bisa diandalakan. Pujian yang ama juga pernah datang dari mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Gorontalo yang memuji Nelson sebagai pemimpin penggerak dan begitu dinamis.. “Setiap institusi dan organisasi yang dipimpin Nelson selalu dinamis” kata Salim Aldjufri saat masih menjabat Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo.

Selain itu, Ketokohan Nelson juga kian ditunjang oleh keberadaannya sebagai calon pemimpin nasional karena telah mengikuti pendidikan di LEMHANAS Jakarta, yakni sebuah institusi yang didirikan mendiang Presiden Soekarnosebagai tempat penggodokan calon – calon pemimpin nasional. Predikat sebagai sosok Multi Dimensional itu kian menguat karena ternyata Nelson adalah ssosok yang bisa diandalkan di berbagai lintas sektoral,. Secara akademik, Nelson memiliki gelar Sarjana penuh di bidang ilmu pertanian, S2 di bidang disiplin ilmu kependidikan, S3 di bidang disiplin ilmu Lingkungan hidup dan telah banyak melahirkan karya-karya ilmiah yang cepat atau lambat menjadi asset Gorontalo yang akan diwariskan kepada generasi-generasi mendatang. (AM)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes